7 Tanaman Tradisional Untuk Mengobati Gagal Ginjal Tanpa Cuci Darah

7 Tanaman Tradisional Untuk Mengobati Gagal Ginjal Tanpa Cuci Darah

7 Tanaman Tradisional Untuk Mengobati Gagal Ginjal Tanpa Cuci DarahGinjal merupakan salah satu organ dalam tubuh yang memiliki fungsi vital untuk jalannya proses pencernaan yang baik.

Untuk itu harus mendapat perawatan yang baik agar tetap terjaga kesehatannya dan bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Karena ketika ginjal sudah bermasalah, selain akan kehilangan fungsinya juga bisa menimbulkan beberapa kondisi serius yang mungkin akan memperparah kondisi kesehatan Anda.

Dan ketika ginjal telah kehilangan fungsinya (gagal ginjal), maka Anda diwajibkan untuk melakukan cuci darah, yang bertujuan untuk membersihkan penumpukan limbah dan cairan pada darah yang jika tidak dilakukan dapat membahayakan tubuh.

Cuci darah memang bukanlah sebuah pengobatan untuk penderita gagal ginjal, melainkan bentuk pertolongan terhadap kerusakan organ ginjal dengan tujuan agar penderita bisa tetap hidup normal.

Maka dari itu, mengingat cuci darah bukanlah sebuah pengobatan untuk gagal ginjal, maka jika Anda atau orang terdekat Anda saat ini mengalami penyakit ini konsumsi obat gagal ginjal tetap diperlukan.

Terutama jika penyakit tersebut belum terlalu parah, kesempatan untuk mendapatkan kesembuhan masih sangat besar.

Pada beberapa kasus, kerusakan pada ginjal dan sirkulasi tubuh dapat dicegah dengan mengkonsumsi obat-obatan untuk mengontrol tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Tak hanya itu, obat-obatan juga diberikan untuk mengontrol atau mencegah perburukan gagal ginjal hingga tubuh kehilangan hampir semua fungsi ginjal.

Salah satu obat gagal ginjal selain obat medis yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati gagal ginjal adalah dengan tanaman herbal yang telah disediakan di alam, beberapa tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan khasiatnya untuk membantu meringankan dan mengatasi gagal ginjal, di antaranya adalah

Tanaman Tradisional Untuk Mengobati Gagal Ginjal

Kumis kucing

Banyak yang tahu bahwa kumis kucing memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk membantu mengatasi berbagai gangguan penyakit ginjal.

Untuk mendapatkan khasiatnya, cukup dengan merebus kumis kucing dengan menambahkan air secukupnya, lalu air rebusannya diminum secara rutin dan teratur.

Daun binahong

Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa daun binahong memiliki manfaat untuk memperbaiki fungsi ginjal yang rusak.

Bagi Anda yang ingin merasakan manfaat dan khasiat dari tanaman herbal ini bisa melakukannya dengan hanya merebus beberapa lembar daun binahong dengan beberapa ml air, dan minum rebusan airnya.

Anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun binahong 3x sehari dan lihat sendiri hasilnya.

Baca juga : Akibat tidak cuci darah pada penderita gagal ginjal

Meniran

Pernah melihat tanaman jenis ini? Ya, semasa kecil mungkin Anda pernah bermain masak-masakan dengan tanaman yang satu ini. Ya, karena memang tanaman ini tumbuh liar dan banyak dijumpai di halaman rumah, atau pagar samping rumah.

Tak banyak yang tahu bahwa ternyata meniran merupakan salah satu dari jenis tanaman obat tradisional yang kaya akan khasiat untuk kesehatan tubuh.

Meniran kaya akan kandungan flavonoid dan glikosidan flavonoid yang dapat mengatasi penyakit ginjal dan juga asam urat.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat dari tanaman herbal meniran ini bisa merebus beberapa tangkai meniran bersama air lalu meminum air rebusannya.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, meniran bisa direbus dengan tambahan temulawak, daun kumis kucing dan juga gula jawa sebagai pemanis alami.

Daun sukun

Penelitian menyebutkan bahwa daun sukun merupakan salah satu bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi gagal ginjal tanpa harus cuci darah.

Ini karena di dalam daun sukun terkandung senyawa flavonoid, tanin, asam hidrosianat, dan bahkan riboflavin dan asetivolin yang dapat membantu pemulihan kondisi ginjal yang rusak.

Selain penyakit ginjal, daun sukun juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kardiovaskular seperti penyakit diabetes. Untuk itu, daun sukun patut dan layak untuk dicoba sebagai salah satu alternatif yang efektif.

Cara membuatnya:

  • Siapkan beberapa lembar daun sukun yang sudag di cuci bersih
  • Rebus daun sukun dengan air secukupnya
  • Tunggu sampai mendidih dan pastikan daun telah hancur dalam air tersebut
  • Konsumsi 2 kali sehari (pagi dan sore hari setelah makan)

Daun pecah beling (keji beling)

Bagi Anda yang tinggal di pedesaan mungkin pernah dan tahu dengan tanaman yang satu ini. ya, keji beling atau daun pecah beling ini tenyata dapat digunakan sebagai obat alami untuk membantu penderita gagal ginjal.

7 Tanaman Tradisional Untuk Mengobati Gagal Ginjal Tanpa Cuci Darah

Ini karena di dalam daun pecah pecah beling terdapat kandungan vitamin B2, B1, vitamin V, asam silat, fosfor, ferum, natrium dan zat kalsium.

Untuk Anda yang ingin membuat ramuan dari bahan alami ini caranya cukup mudah. Pertama, siapkan beberapa daun keji beling / 5 tangkai saja lalu rebus dengan 4 gelas air.

Tunggu sampai air rebusan mendidih dan tersisa hingga 2 gelas saja. Tunggu sampai air rebusan hangat dan Anda bisa mulai meminumnya. Minum air rebusan daun keji beling 2 kali sehari (setiap paho dan sore) masing-masing 1 gelas.

Volume darah pada ginjal akan ditingkatkan oleh kandungan natriumnya, sedangkan asam silatnya mampu mengikat air pada ginjal.

Mahkota dewa

Mahkota dewa memiliki 4 kandungan penting yakni berupa saponin, flavonoid, alkaloid, dan folivenol yang mampu membantu proses detoksifikasi racun-racun dalam tubuh, sebagai anti-alergi, antioksidan, antibakakteri dan meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu proses penyembuhan penyakit gagal ginjal secara alami.

Dengan mengkonsumi secara rutin mahkota dewa, Anda dapat mencegah gagal ginjal dan dampak buruk dari penyakit ini dapat terhindarkan.

Untuk mendapatkan manfaat dari mahkota dewa caranya sangat mudah.

  • Siapkan 2-3 buah mahkota dewa yang sudah masak
  • Iris tipis untuk diambil bagian dagingnya saja
  • Rebus irisan buah mahkota dewa dengan 3 gelas air
  • Tunggu sampai air rebusan tersebut hingga tersisa 2-1 gelas
  • Kemudian tunggu hingga dingin dam minum ramuannya 2 kali sehari.

Daun sendok

Terdengar asing bagi sebagian orang, namun daun sendok dipercaya efektif dijadikan obat herbal untuk mengatasi batu ginjal karena di dalamnya terkandung senyawa terpenoid yang bermanfaat untuk menghambat kristal kalsium oksalat.

Cara membuatnya:

  • Siapkan 7 lembar daun sendok yang telah dicuci bersih
  • Tumbuk atau blender daun sendok hingga halus
  • Setelah dirasa cukup haus, peras sekumpulan daun sendok yang telah ditumbuk/blender tadi
  • Lalu tambahkan 1 sendok makan madu ke dalam sari daun sendok yang telah diperas
  • Minum ramuan ini 3x sehari, maka massa batu ginjal akan segera mengecil

Itulah beberapa jenis tanaman tradisional gagal ginjal yang dapat dimanfaatkan untuk membantu meringankan penyakit ginjal Anda secara alami dan aman tanpa efek samping.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menjawab rasa ingin tahu Anda tentang tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gagal ginjal tanpa cuci darah. Tak ada salahnya bukan untuk mencoba membuar ramuan obat dari beberapa tanaman alami tersebut.

Posted by : 7 Tanaman Tradisional Untuk Mengobati Gagal Ginjal Tanpa Cuci Darah

Baca juga : Cara mencegah dan mengobati radang ginjal secara alami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *