Menu Makan Sehat Untuk Penderita Penyakit Hiperglikemia & Hipoglikemia

Menu Makan Sehat Untuk Penderita Penyakit Hiperglikemia & Hipoglikemia

Asupan makanan sehat dan tepat adalah salah satu cara untuk memudahkan Anda penderita hiperglikemia mendapatkan kesembuhan dengan cepat.

Mengingat hiperglikemia atau lebih dikenal dengan gula darah tinggi ini merupakan salah satu kondisi yang dapat memicu penyakit serius, Anda harus lebih berhati-hati dan memilih mana makanan yang cocok dikonsumsi atau tidak, agar penyakit tersebut tidak membahayakan tubuh Anda.

Menu Makan Sehat Untuk Penderita Penyakit Hiperglikemia & Hipoglikemia

Dengan mengkonsumsi makanan sehat dan tepat berpengaruh penting terhadap kesehatan tubuh Anda.

Dan pada artikel kali ini, admin akan membahas apa saja jenis makanan yang baik dikonsumsi penderita hiperglikemia dan hipoglikemia. Simak penjelasan lengkapnya!

Menu Makan Sehat Untuk Penderita Penyakit Hiperglikemia (Gula Darah Tinggi)

Bagi Anda penderita hiperglikemia dianjurkan untuk menyeimbangkan jumlah karbohidrat, lemak dan protein yang dikonsumsi setiap harinya agar hiperglikemia tidak menimbulkan bahaya dan komplikasi serius.

Penderita hiperglikemia dianjurkan untuk mengkonsumsi lebih banyak karbohidrat kompleks seperti buah-buahan segar, sayuran, gandum, kacang-kacangan dan susu rendah lemak untuk bisa menurunkan kadar gula darah.

Buah alpukat penurun gula darah

Alpukat memiliki asam lemak tak jenuh ganda dan asam lemak tak jenuh tunggul yang merupakan komponen penting dari makanan yang akan membuat gula darah Anda tetap normal.

Sebuah tudi menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi alpukat dapat menurunkan risiko sindrom metabolik, yakni kombinasi dari beberapa gangguan kesehatan yang dapat meningkatkan risiko diabetes, dan penyakit pembuluh darah lainnya seperti stroke dan jantung.

Menu Makan Sehat Untuk Penderita Penyakit Hiperglikemia & HipoglikemiaBuah berry (blackberry dan blueberry)

Buah jenis berry-berry-an ini kaya akan serat dan memiliki konsentrasi anthocyanin tertinggi yang mampu menghambat enzim pencernaan tertentu guna memperlambat proses pencernaan.

Study melaporkan bahwa kandungan bioaktif pada blueberry dapat meningkatkan sensitivitas terhadap hormon insulin. Hal ini tentu saja menjadi kabar baik bagi penderita diabetes.

Almond dan kacang lainnya

Kacang-kacangan dapat membantu mengatur dan mengurangi kenaikan gula darah setelah makan. Salah satu studi menemukan bahwa orang dengan mengonsumsi 2 ons kacang almond perhari memiliki kadar glukosa dan insulin puasa yang lebih rendah.

Sedangkan studi lain menemukan bahwa konsumsi almond dapat meningkatkan sensitivitas insulin pada orang dengan prediabetes.

Sayuran hijau

Kandungan serat dan nutrisi tinggi seperti magnesium dan vitamin A banyak didapati dari sayuran hijau. Nutrisi di dalam sayuran hijau ini dapat membantu menurunkan gula darah. Dan beberapa jenis sayuran hijau tersebut, diantaranya: bayam, selada, lobak hijau, kubis, dan brokoli.

Bawang Putih

Selain jenis makanan-makanan di atas, rempah yang satu ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengatur gula darah. Ya, bawang putih.

Anda bisa menambahkan bawang putih ke dalam menu makanan Anda sebagai alternatif bagi Anda yang memiliki gula darah tinggi atau hiperglikemia.

Baca juga : Khasiat dibalik bawang putih sebagai obat penyakit gondok

Menu Makan Sehat Untuk Penderita Hipoglikemia ( gula darah rendah )

Setelah membahas mengenai makanan sehat yang dianjurkan bagi penderita hiperglikemia, kurang lengkap rasanya jika tidak membahas juga tentang makanan sehat apa yang baik dan dianjurkan untuk membantu penderita hipoglikemia.

Bagi penderita hipoglikemia / gula darah rendah, Anda dianjurkan untuk memilih menu makanan seimbang yang dapat membantu mencegah Anda dari kondisi gula darah rendah.

Pastikan setidaknya terdapat sekitar 80-100 gram sumber protein seperti daging sapi, ikan, telur, kacang kedelai, atau tahu di makanan Anda.

Jangan lewatkan juga karbohidrat kompleks yang bisa didapat dari beras merah atau roti gandum. Sebaiknya karbohidrat kompleks memenuhi 40-60 persen asupan harian Anda sehingga gula darah tetap normal.

Tak hanya itu, Anda juga dapat melengkapi diet sehat hipoglikemia dengan mengonsumsi buah-buahan dengan sumber gula alami seperti semangka, jeruk dan anggur.

Itulah jenis dan daftar makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita hiperglikemia dan juga hipoglikemia. Jadi bagi Anda yang saat ini mengalami kondisi ini tidak bingung lagi memilih makanan apa yang tepat untuk mengatasi kondisi yang sedang dihadapi Anda saat ini.

Terimakasih telah berkunjung dan menyimak sampai habis, semoga bermanfaat.

Sumber : mediskus.com , dokter.id, alodokter.com

Posted by : Menu Makan Sehat Untuk Penderita Penyakit Hiperglikemia & Hipoglikemia on Obat herbal gagal ginjal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *