Komplikasi Divertikulitis

      Tak ada komentar pada Komplikasi Divertikulitis

Komplikasi divertikulitis mungkin bisa terjadi jika Anda tidak mengindahkan terhadap gejala apa yang dimunculkan tubuh.

Terlebih jika gejala yang muncul tak dilakukan pengobatan secara cepat dan tepat, tentu saja akan semakin meningkatkan risiko penyakit Anda semakin berkembang dan bahkan memunculkan komplikasi yang amat serius.

Komplikasi Divertikulitis

Mengingat divertikulitis adalah peradangan atau infeksi yang terjadi pada satu atau beberapa divertikula (kantong kecil yang menonjol di lapisan dinding usus).

Peradangan pada divertikula dapat menyebabkan terjadinya hubungan abnormal (fistula) antara usus besar dan organ lain. Kebanyakan, fistula terbentuk di antara kolon sigmoid dan kandung kemih.

Meskipun fistula lebih sering terjadi pada pria, tetapi bila rahim diangkat, risiko terbentuknya fistula pada wanita akan meningkat.

Pada fistula tertentu, isi usus termasuk bakteri normal dapat masuk ke kandung kemih dan menyebabkan infeksi saluran kemih. Fistula lain dapat terjadi di antara usus besar dengan usus halus, rahim, vagina, dinding perut atau bahkan paha dan dada.

Dan berikut ini beberapa komplikasi akibat divertikulitis yang mungkin terjadi jika tidak segera diobati:

  • Abses
  • Infeksi perut (peritonitis)
  • Pecahnya dinding divertikula
  • Perdarahan
  • Penyumbatan usus
  • Penyebaran peradangan ke dinding usus
  • Peradangan di jaringan sekitarnya

Dari berbagai sumber

Cara Pencegahan Penyakit Divertikulitis

Benar kata pepatah, “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Untuk itu, bagi Anda yang saat ini khawatir akan kondisi divertikulitis ini bisa mulai mencegahnya dengan cara-cara sederhana ini di rumah, di antaranya dengan:

»  Olahraga teratur. Olahraga dapat meningkatkan fungsi usus normal dan mengurangi tekanan dalam usus. Anda bisa mencoba dengan berolahraga minimal 30 menit setiap hari.

»  Banyak makan-makanan berserat. Makanan dengan kaya akan serat, seperti buah-buahan segar, sayuran dan biji-bijian dapat melembutkan kotoran dan membantunya lebih cepat melewati usus.

Hal ini dapat mengurangi tekanand alam saluran pencernaan. Namun tidak jelas apakah diet tinggi serat dapat mengurangi risiko divertikulitis.

Makan biji-bijian dan kacang-kacangan tidak terkait dengan pengembangan divertikulitis.

»  Minum banyak cairan. Serat bekerja dengan cara menyerap air dan meningkatkan kelembutan limbah atau kotoran di usus. Tetapi jika Anda tidak minum cukup cairan untuk menggantikan apa yang diserap, serat dapat menyebabkan sembelit.

Itulah sedikit informasi mengenai komplikasi divertikulitis yang telah admin rangkum dari beberapa artikel kesehatan terpercaya, semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan kewaspadaan Anda terhadap penyakit yang satu ini.

Posted by : Komplikasi Divertikulitis on Obat herbal gagal ginjal

Mungkin terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *