Ciri Anak Mengidap Penyakit Sindrom Nefrotik

Perhatikan! Ini Ciri-ciri Anak Mengidap Penyakit Sindrom Nefrotik

Ciri Anak Mengidap Penyakit Sindrom Nefrotik – Gangguan kesehatan bisa muncul pada siapa saja, baik itu anak-anak atau pun orang dewasa. Terlebih bagi anak atau Anda yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah, ditambah dengan tidak diterapkannya pola hidup sehat.

Tentu saja risiko terkena penyakit akan lebih tinggi.

Dan salah satu penyakit yang biasa terjadi pada segala usia, umumnya anak-anak adalah kondisi penyakit sindorm nefrotik.

Apa itu sindrom nefrotik?

Sindrom nefrotik merupakan sebuah kondisi di mana adanya gangguan pada ginjal yang menyebabkan tubuh manusia kehilangan terlalu banyak protein yang dibuang melalui urin.

Sindrom nefrotik umumnya terdeteksi pertama kali pada anak-anak, terutama yang berusia antara 2-5 tahun.

Yukk Kenali Gejala dan Ciri Anak Mengidap Penyakit Sindrom Nefrotik!

Meskipun sindrom nefrotik merupakan salah satu penyakit yang jarang terjadi, Anda tetap harus mewaspadai akan kemunculannya. Terlebih bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit ginjal.

Nah, untuk dapat mencegah penyakit tersebut berkembang, Anda harus mengenali ciri-ciri dari penyakit sindorm nefrotik.

Karena apa? Jika penyakitnya terdeteksi lebih awal, tidak menutup kemungkinan jika penyakit akan lebih mudah diobati dan kemungkinan untuk sembuh dan terbebas dari penyakit tersebut semakin besar.

Ciri dan Gejala Sindrom Nefrotik Pada Anak

1# Urine berubah (berbusa/berbuih) dan frekuensi buang air menurun

Pertama yang bisa Anda ketahui apakah anak Anda atau mungkin Anda sendiri mengalami sindrom nefrotik atau tidak adalah bisa dikenali dengan berubahnya urin.

Akibat urin mengandung protein, maka urine yang dikeluarkan akan berubah menjadi berbuih atau berbusa. Tak hanya itu, frekuensi/jumlah urin yang dikeluarkan pun akan menurun dari hari-hari biasanya.

2# Pembengkakan pada tubuh

Orang dengan menderita sindrom nefrotik bisa dikenali dari fisiknya, salah satunya adalah adanya pembengkakan pada beberapa bagian tubuh akibat protein terbuang, sehingga kandungan protein dalam darah berkurang dan akan menghambat air untuk masuk ke pembuluh darah.

Pada akhirnya air aan menimbun di jaringan tubuh dan menyebabkan beberapa bagian tubuh membengkak.

Beberapa bagian tubuh yang membengkak biasanya di area mata, perut, wajah, dan pergelangan kaki.

3# Perubahan warna kuku

Bintik putih di kuku atau disebut dengan leukonchia, merupakan salah satu gejala sindrom nefrotik pada anak yang harus diwaspadai.

Pada beberapa orang mungking sering mengabaikan kondisi ini. Tetapi studi membuktikan bahwa leunkonchia bisa mengindikasikan beberapa penyakit seperti sindrom nefrotik, gagal ginjal, liver, bahkan penyakit jantung.

4# Berat badan bertambah

Berbeda dengan penyakit lainnya yang biasanya mengalami penurunan badan secara drastis, sindrom nefrotik pada anak justru akan mengalami gejala seperti kenaikan berada badan.

Jangan salah, ini bukan karena Anda atau anak terlalu banyak makan. Tetapi bertambahnya berat badan ini akibat menimbunnya cairan atau edema di dalam tubuh.

Jadi, jika anak mengalami penambahan berat badan padahal ia tak nafsu makan, ada baiknya Anda mencurigai bahwa itu merupakan sindrom nefrotik.

5# Mudah terinfeksi

Ciri lain yang mengindikasikan bahwa anak mengalami sindrom nefrotik adalah anak lebih mudah terkena infeksi.

Ini terjadi akibat protein dalam tubuh anak terbuang melalui urine, sheingga kandungan dalam tubuh sangat sedikit. Nah, sedikitnya kandungan protein juga akan berpengaruh pada sedikitnya antibodi dalam tubuh.

Maka dari itu, anak akan lebih mudah terinfeksi karena sedikitnya antibodi yang diproduksi dalam tubuh.

  • Ciri dan tanda sindrom nefrotik lainnya, meliputi :

6# Kurang nafsu makan

7# Sakit perut

8# Diare

9# Pembekuan darah meningkat

10# Mudah lelah dan lemas

11# Muntah

12# Mengalami penyusutan otot

Ingat! penyakit sindrom nefrotik merupakan penyakit cukup serius yang perlu ditangani secepatnya, karena jika tidak mendapat penanganan segera kondisi ini bisa menimbulkan masalah baru atau komplikasi.

Dan beberapa komplikasi sindroma nefrotik yang akan muncul jika tidak mendapatkan penanganan cepat, di antaranya :

  • Dehidrasi
  • Gumpalan darah yang menyebabkan sesak napas, nyeri dada, dan batuk darah
  • Infeksi

Jika Anda tidak ingin buah hati Anda tersiksa dan menderita dengan adanya penyakit tersebut, baiknya tidak menunda lagi pengobatan jika menemui ciri-ciri penyakit sindrom nefrotik yang telah admin uraikan diatas.

Dan bila perlu, untuk mencegah terserang sindrom nefrotik atau ginjal bocor pada anak cara terbaiknya adalah dengan memenuhi nutrisi sehat dan seimbang.

Contohnya adalah dengan mengonsumsi makanan berpotein tinggi serta mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam, kolesterol, dan lemak.

Demikian sedikit informasi mengenai ciri anak mengalami sindrom nefrotik. Semoga bermanfaat dan menjadikan Anda pribadi yang mawas diri dan tidak mengabaikan gejala yang dimunculkan dari dalam tubuh.

Terimakasih telah berkunjung dan menyimak artikelnya sampai habis, sampai jumpa di artikel berikutnya …

Posted by : Ciri Anak Mengidap Penyakit Sindrom Nefrotik on Obat Gagal Ginjal Kronik

Baca juga :

Obat tradisional sindrom nefrotik pada anak terbukti ampuh dan aman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *