Ciri Ciri dan Tanda Adanya Batu Di Ginjal

Mengetahui akan apa yang menjadi tanda atau ciri-ciri adanya batu di ginjal tentu sangat diperlukan guna melakukan hal apa yang harus dilakukan Anda dan dokter agar batu tersebut bisa keluar dan dihancurkan sedari dini.

Ciri Ciri dan Tanda Adanya Batu Di Ginjal

Dengan mengetahui ciri ciri dan tanda adanya batu di ginjal lebih cepat dapat membantu meringankan kondisi yang Anda alami dan pengobatannya lebih mudah.

Batu ginjal merupakan limbah dari darah yang disaring oleh ginjal. Limbah ini biasanya keluar berupa urin, namun ada juga yang berupa garam dan mineral lain yang lengket dan akhirnya membentuk batu ginjal yang kecil.

Umumnya batu ginjal memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari yang paling kecil seukuran gula pasir hingga seukuran bola ping pong.

Lantas Apa Ciri Ciri dan Tanda Adanya Batu Di Ginjal Yang Mudah Dikenali?

Seringnya batu ginjal tidak menimbulkan gejala apapun, sehingga tak jarang orang menyadari bahwa ia memiliki batu di ginjalnya hingga merasakan sakit.

Rasa sakit yang muncul ketika batu terdorong menuju ke saluran ureter melalui saluran kecil ke kandung kemih. Dan saat kondisi ini biasanya baru disadari bahawa adanya batu di ginjal.

Ciri Ciri dan Tanda Adanya Batu Di Ginjal

Gejala awal pada saat batu masih berada di ginjal tidak akan ada gejala yang dirasa. Apalagi jika batu masih berukuran sangat kecil.

» Rasa sakit muncul tiba-tiba dan parah dibagian punggung

Ketika Anda terkena batu ginjal, Anda akan merasakan rasa sakit yang parah di bagian belakang atau punggung samping, perut, daerah selangkangan dan organ genital.

» Muntah dan mual

Selain nyeri, perasaan yang muncul akibat dari adanya batu di ginjal adalah mual dan muntah. Ketika batu ginjal bergerak ke saluran kencing dan menghalangi jalannya air kencing, maka akan menimbulkan rasa sakit yang sangat hebat dan rasa sakit yang dikatakan lebih buruk daripada melahirkan.

Mual dan muntah akan muncul dan harus segera diobati.

» Hematuria atau adanya darah dalam urin

Darah dalam urin merupakan gejala umum lain dari adanya batu ginjal yang menyerang tubuh. Ketika batu ginjal melewati saluran kencing, batu akan melukai saluran kencing (meradang) dan menyebabkan munculnya darah.

Urin akan terlihat merah muda atau kemerahan, tergantung pada banyaknya darah yang muncul. Darah dalam urin ini merupakan gejala serius yang harus segera ditangani. Jika sampai terlambat diobati dan mendapatkan penanganan akan berakibat fatal.

» Sering kencing dan terasa sakit pada saat kencing

Rasa nyeri yang ditimbulkan batu ginjal dapat terasa ringan ataupun berat. Batu yang ukurannya lebih besar akan menimbulkan rasa sakit ketika turun ke bagian alat kencing dan keluar dari dalam tubuh melalui air kencing.

Bagian yang paling sering merasakan nyeri adalah kedua sisi bagian punggung bawah, perut bagian bawah, daerah selangkangan, juga bawah rusuk. Rasa sakit mungkin datang bergelombang .

Baca : Cara mengobati radang ginjal secara alami

» Demam dan mengigil

Gejala ini merupakan gejala yang mengganggu dan memerlukan evaluasi medis segera, karena demam dan menggigil mengindikasikan bahwa Anda mengalami infeksi dan sangat berpotensi mengancam nyawa jika tidak segera ditangani.

» Warna urin yang abnormal

Jika biasanya urin berwarna kuning jernih, urin orang dengan batu ginjal tidak sama. Selain warnanya yang berubah menjadi keruh urin orang dengan batu ginjal juga memiliki bau yang tidak sedap.

Hal ini terjadi karena pengaruh dari infeksi yang berhubungan dengan adanya batu ginjal. Kondisi ini juga biasanya dapat dijadikan sebagai indikasi atau tanda adanya batu ginjal yang mendera.

Akan tetapi bukan tidak mungkin bahwa gejala ini mengindikasikan adanya penyakit lain seperti infeksi saluran kemih, infeksi kandung kemih, sistitis, atau bahkan penyakit menular seksual (PMS) atau penyakit kelamin seperti sifilis dan gonore.

Demikian beberapa ciri ciri dan tanda adanya batu di ginjal yang mesti Anda waspadai keberadaannya. Solusi terbaik yang dapat dilakukan jika Anda menemui gejala-gejala seperti di atas sebaiknya periksakan diri ke dokter atau pusat kesehatan terdekat di rumah Anda.

Penyakit ginjal memang merupakan penyakit yang mudah sekali dialami terutama jika pola hidup Anda tidak sehat dan tidak teratur. Untuk itu, jaga pola hidup Anda agar bisa terhindar dari berbagai penyakit, khususnya batu ginjal ini.

Perubahan Gaya Hidup Untuk Mencegah dan Mengurangi Risiko Munculnya Batu Ginjal

  • Banyak minum air putih minimal 2,5 liter per harinya.
  • Kurangi makanan yang kaya akan oksalat, misalnya seperti coklat, teh, kacang-kacangan, ubi jalar, dan produk kedelai.
  • Diet rendah garam dan protein hewani.
  • Suplemen kalsium.

Yuk, Jaga Pola Hidup Sehat Agar terhindar Dari Serangan Penyakit Mematikan!

Ciri Ciri dan Tanda Adanya Batu Di Ginjal

1 thought on “Ciri Ciri dan Tanda Adanya Batu Di Ginjal

  1. Pingback: 5 Obat Ginjal Bocor Alami Terbukti Manjur Khasiatnya | Obat Herbal Gagal Ginjal Kronik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *