Ciri-Ciri Anak Terkena Cacingan dan Cara Mengatasinya

Ciri-Ciri Anak Terkena Cacingan dan Cara Mengatasinya

Mengenali ciri-ciri cacingan pada anak tentu saja diperlukan guna mendapatkan pengobatan yang tepat.

Kebanyakan masalah cacingan pada anak atau balita sering diremehkan para orang tua, padahal jika penyakit ini sampai tidak ditangani bisa menghambat pertumbuhan anak, baik secara fisik ataupun kecerdasannya.

Ciri-Ciri Anak Terkena Cacingan dan Cara Mengatasinya

Anak yang mengalami cacingan bisa mengalami kurang gizi dan mengalami masalah di bagian pencernaan. Maka dari itu, penting mengenali gejala anak cacingan sejak awal.

Gejala awal dan ciri-ciri anak terkena cacingan

Ini dia beberapa gejala dan ciri-ciri awal anak terkena cacingan, berdasarkan jenis cacing penyebabnya:

  • Cacing gelang umumnya tidak menimbulkan gejala spesifik. Akan tetapi cacing gelang tertentu bisa membuat masalah pada mata atau menyebabkan gejala asma.
  • Sedangkan cacing kremi bisa menyebabkan adanya rasa gatal di organ kelamin anak dan akan semakin bertambah gatal pada malam hari. Cacing kremi biasanya akan terlihat saat anak membuang feses.

Sedangkan ciri-ciri atau gejala anak mengalami cacingan secara umum biasnaya ditandai dengan:

  • Berat badan menurun karena kekurangan gizi. Nutrisi yang seharusnya diserap tubuh menjadi makanan cacing, sehingga berat badan anak rendah.
  • Batuk yang tak kunjung sembuh. Ini terjadi akibat cacing yang hidup di paru-paru sehingga menyebabkan batuk yang tak sembuh-sembuh.
  • Lesu dan lemas akibat kurang darah (anemia). Ini diakibatkan oleh cacing tambang yang membuat tubuh menjadi lemas karena darah dihisap cacing.
  • Nyeri di perut. Cacingan juga bisa menimbulkan sakit perut yang dapat menyebabkan diare.
  • Banyak makan tapi berat badan tetap.

Baca juga : Cara tradisional menyembuhkan batuk kering

Dikutip dari doktersehat.com, menurut salah satu pakar kesehatan bidang anak bernama dr.Dri Kusumo Amdani, Sp.A, jika kita memang tidak bisa dengan mudah menganggap anak terkena masalah cacingan meskipun memang seringkali anak yang cacingan memiliki tubuh kurus dan perut membuncit.

Untuk memastikan bahwa anak benar-benar mengalami cacingan, pakar kesehatan biasanya akan memeriksa tinja dari anak karena tinja anak yang terkena cacingan biasnaya memiliki telur-telur cacing.

Jika hal ini memang benar adanya, cacing yang telah ada di saluran pencernaan sudah berkembang pesan menjadi cacing dewasa.

Bliau juga mengatakan bahwa, anak yang terkena cacingan biasanya terinfeksi oleh cacing pita, cacing tambang atau cacing kremi. Siklus hidup cacing memang akan berlangsung 3 bulan.

Namun jika cacing kemudian bertelur di dalam salurn pencernaan, bisa menyebabkan masalah besar, ujarnya.

Baca juga : Obat cacing kremi aman untuk anak dan ibu hamil

Peranan orang tua tentu saja diperlukan agar anak tidak mudah terkena cacingan dan penyakit-penyakit lainnya, Anda bisa mengajari anak Anda untuk rajin menjaga kebersihan.

Ciri-Ciri Anak Terkena Cacingan dan Cara Mengatasinya

Khususnya dalam mencuci tangan dengan sabun sebelum makan atau setelah menggunakan toilet.

Selain itu, anak juga sebaiknya mengkonsumsi obat cacing yang dapat mencegah penyakit cacing datang.

Cara Mengatasi Cacingan Pada Anak

Di samping memeriksakan anak ke dokter, Anda yang saat ini memiliki anak dengan kondisi cacingan bisa menggunakan bahan alami yang ada di sekitar Anda untuk membantu mengatasinya, contohnya seperti:

  » Biji dan daun pepaya

Biji dan daun pepaya bisa dimanfaat sebagai solusi ampuh untuk membasmi cacing dalam tubuh, dan otomatis membuat pencernaan kembali normal.

Cara membuat ramuan biji pepaya untuk anak cacingan

  • Siapkan biji pepaya yang telah dikeringkan sebanyak 2 sendok
  • Tumbuk hingga halus
  • Lalu seduh dengan air matang atau bisa juga ditambah dengan madu murdi secukupnya agar ada rasanya
  • Untuk pemulihan lebih cepat, Anda bisa meminumkan ramuan dari biji pepaya ini sehari 2 kali.

Cara membuat ramuan untuk cacingan dari daun pepaya

  • Ambil beberapa lembar daun pepaya, lalu rebus
  • Air rebusan tersebut bisa diminum oleh anak Anda sehari 2 kali untuk meredakan rasa gatal yang ada di anus akibat cacing kremi.

  » Bawang Putih

Tak dapat dipungkiri bahwa rempah yang selalu ada di dapur ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, salah satunya dalam menggempur cacing penyebab cacingan pada anak.

Cara membuatnya cukup mudah, cukup siapkan bawang putih dengan akar pepaya dan gula merah secukupnya, lalu rebus berbarengan dengan 600 cc air.

Jika sudah mendidih dan tersisa setengahnya, angkat dan tunggu sampai hangat, lalu berikan pada anak untuk meminumnya.

  » Wortel

Tak hanya dapat menyehatkan mata, wortel juga diyakini efektif dalam mengatasi cacingan pada anak. Cara membuatnya cukup sediakan 5 wortel segar yang sudah dicuci bersih.

Parut dan peras wortel untuk diambil airnya. Perasan wortel ini dapat dicampurkan dengan secangkir santan kental, lalu aduk rata, barulah suruh anak untuk meminumnya hingga habis.

Obat cacing dari bahan alami wortel ini bisa digunakan untuk mengobati cacingan pada anak ataupun dewasa.

Sumber : halosehat.com , doktersehat.com

Itulah informasi mengenai ciri-ciri anak terkena cacingan dan cara mengatasinya. Semoga dengan adanya informasi ini membuat Anda lebih waspada dan tidak mengabaikan tanda atau gejala yang terjadi pada tubuh anak Anda. Semoga bermanfaat.

Supported by :

G-Sea Jelly Gamat Emas Rasa Jeruk Obat Cacingan Anak

Posted by : Ciri-Ciri Anak Terkena Cacingan dan Cara Mengatasinya on Obat herbal gagal ginjal

1 thought on “Ciri-Ciri Anak Terkena Cacingan dan Cara Mengatasinya

  1. Pingback: Pengobatan Tradisional Askariasis (Infeksi Cacing Gelang Usus) Paling Manjur | Obat Herbal Gagal Ginjal Kronik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *