Akibat Tidak Cuci Darah Pada Penderita Gagal Ginjal

Akibat Tidak Cuci Darah Pada Penderita Gagal Ginjal .- Cuci darah atau dalam istilah medis disebut dengan dialisis merupakan salah satu tindakan pengobatan gagal ginjal selain transplantasi ginjal yang biayanya fantastis.

Selain itu cuci darah juga di harapkan mampu memberikan kualitas hidup yang lebih baik dan memperpanjang kelangsungan hidup penderita penyakit gagal ginjal.

cuci-darah

Kenapa Penderita Gagal Ginjal Membutuhkan Cuci Darah ?

Pada dasarnya secara alami tubuh kita mampu melakukan proses pencucian darah berkat adanya organ ginjal.Namun pada seseorang yang didiaknosa menderita penyakit gagal ginjal organ ginjal tidak mampu bekerja secara optimal bahkan pada kasus penyakit gagal ginjal yang sudah parah organ ginjal sama sekali kehilangan fungsinya.

Jika hal tersebut terjadi maka dapat mengakibatkan terjadinya penumpukan limbah beracun dan cairan pada darah dalam tubuh kita.Untuk itu cuci darah sangat di perlukan oleh pasien gagal ginjal dan wajib dilakukan jika penyakit gagal ginjal sudah parah.

Metode Cuci Darah

Dalam melakukan proses cuci darah ada dua metode yang bisa dipilih oleh pasien cuci darah yaitu hemodialisis atau peritoneal dialisis.

Hemodialisis merupakan metode cuci darah yang lebih dikenal dan dilakukan oleh banyak orang yakni menggunakan dua selang yang dipisahkan oleh mesin penyaring. Selang pertama akan mengalirkan darah dari tubuh pasien melalui jarum menuju mesin penyaring. Dari mesin penyaring, darah akan menuju selang lain yang kemudian akan diteruskan ke dalam tubuh pasien.

Sementara itu untuk metode Peritoneal dialisis tidak memakai mesin penyaring sebagaimana metode hemodialisis. Adalah peritoneum yang merupakan lapisan dalam dari perut yang digunakan sebagai penyaring.

Lalu apa akibat tidak cuci darah pada penderita gagal ginjal ?

Menilik kepada fungsi dari organ ginjal sebagai pembuang dan penyaring racun didalam tubuh maka jelas akibat tidak cuci darah pada pasien gagal ginjal akan sangat merugikan dan membahayakan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Selain itu akibat tidak cuci darah bagi pasien gagal ginjal juga bisa menimbulkan berbagai macam penyakit dan komplikasi lainnya.

Untuk itu mencegah selalu lebih baik dari pada mengobati, jadi sangatlah penting bagi kita mengetahui beberapa ciri dari penyakit gagal ginjal ini.Dengan demikian maka kita bisa mencegah penyakit gagal ginjal tersebut semakin parah sehingga pengobatannya pun tidak harus sampai cuci darah.

Dan berikut ini adalah beberapa ciri ciri awal penyakit gagal ginjal tersebut, yakni :

  • Berkurangnya urin saat buang air
  • Terlalu banyak menyimpan cairan di dalam tubuh yang menyebabkan pembengkakan pada area kaki
  • Perasaan mengantuk
  • Napas pendek
  • Lelah
  • Perasaan bingung
  • Mual
  • Kejang atau koma pada kasus yang parah
  • Nyeri atau perasaan tertekan pada dada

Jika beberapa gejala diatas mulai anda keluhkan atau rasakan maka segera lakukan tindakan dan pengobatan yang serius sehingga dampak buruk akan gejala tersebut bisa di hindari.

Demikianlah informasi seputar akibat tidak cuci darah pada penderita gagal ginjal ini semoga bermanfaat dan menjawab rasa ingin tahu anda.

Terima kasih banyak sudah menyimak dan jangan lupa bagikan jika dirasa artikel ini bermanfaat.

~ Selain cuci darah dan transplantasi ginjal pengobatan gagal ginjal juga bisa dilakukan secara alternatif yakni dengan konsumsi obat herbal gagal ginjal kronik ~

Post By

Akibat Tidak Cuci Darah Pada Penderita Gagal Ginjal

2 thoughts on “Akibat Tidak Cuci Darah Pada Penderita Gagal Ginjal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *